Foto Harimau Melintas di Ruas Jalan Kabupaten Merangin Jambi Ternyata Hoax

0
250
Foto Harimau Melintas
Foto Harimau Melintas di Jalanan Jambi.(Foto Sumber: Istimewa)
GALERIINFO.COM – Foto Harimau Melintas.   Postingan foto harimau melintas di ruas jalan Kabupaten Merangin Jambi yang viral di media sosial beberapa hari lalu dipastikan hoax. Hal ini disampaikan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi, setelah tiga hari melakukan penelusuran dan pengecekan di jalan lintas provinsi Jambi.

Kepala Seksi Wilayah 1 BKSDA Jambi Pitra Panderi menyebutkan jika foto harimau yang viral tersebut merupakan foto lama yang berlokasi di negara India yang diunggah kembali oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pitra menambahkan dari hasil investigasi diketahui foto harimau tersebut pertama kali diunggah ulang ke media soasial oleh seorang warga yang berdomisili di Pati, Jawa Tengah. Namun kemudian diketahui bahwa foto itu adalah foto harimau yang sama persis dengan foto harimau di India yang tengah melintas dijalan.

“Tim kita di lapangan sejak dari hari minggu kemaren sampai Rabu sore ini sudah melakukan penelusuran di setiap daerah yang ada di kabupaten Merangin khususnya di daerah Desa Merkeh apa benar-benar ada harimau melintas di daerah itu. Tetapi setelah kita cek beberapa hari jejak ataupun tanda-tanda harimau itu tidak ada,” ungkap Pitra kepada awak media, Rabu (7/3/2018).

Menurut Pitra, saat penelurusan dilapangan pihaknya juga bekerja sama dengan BKSDA Jambi, tim Flora Internasional (FFI) dan juga pihak Kepolisian dari Polres Merangin. Seluruh petugas yang turun membagi tugas dengan menyisir wilayah desa Merkeh, bertanya kepada kepala desa dan juga seluruh warga disekitar perkebunan desa Merkeh yang di khawatirkan adanya keberadaan harimau.

Setelah memastikan bahwa info foto harimau tengah melintas di ruas jalan Kabupaten Merangin, Pitra menduga ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang sengaja menyebarkan Isu tersebut sehingga memancing masyarakat untuk memburu harimau sumatera.

Baca Juga:  Kisah Haru Almarhumah Lolyta Agustina, Berjuang Melawan Kanker Langka Berujung Kematian

Pitra juga menghimbau kepada masyaraka agar menjaga dan melindungi populasi harimau Sumatera, menurutnya, harimau Sumatera itu merupakan salah satu hewan yang harus dilindungi karena jumlahnya yang sudah tinggal sedikit akibat perburuan yang dilakukan orang-orang tidak bertanggungjawab.

Pitra juga mengatakan, jika harimau Sumatera tidak akan keluar dari areanya jika manusia tidak merusak area hutan mereka. Dan harimau juga tidak akan keluar menampakan dirinya kepada manusia jika habitat kehidupan mereka tidak diganggu oleh oknum manusia itu sendiri.

Menurutnya, ada dua kawasan daerah di provinsi Jambi yang kini masih konflik antar harimau dengan manusia. Kabupaten itu adalah Kerinci dan Tanjung Jabung Barat, dan itu bukanlah Merangin.[GInf/DTK]

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here