Malam Penculikan 7 Jenderal, Bung Karno Sedang Berada Ditempat Ini

0
530
Malam Penculikan 7 Jendral
Bung Karno dan Ratna Sari Dewi. (Photo sumber: Ist/ intisari.grid.id)
GALERIINFO.COMMalam Penculikan 7 Jenderal. Penculikan dan penyiksaan yang dilakukan oleh Komplotan Partai Komunis Indonesia (PKI) terhadap tujuh Jenderal TNI AD pada malam 30 September 1965 adalah peristiwa tragis yang tidak pernah bisa dilupakan oleh Bangsa Indonesia.

Dilansir dari laman intisari.grid.id, malam terjadinya peristiwa mengerikan G30S/PKI itu Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno sedang tidak berada di Instana Merdeka. Malam itu Bung Karno yang dijemput oleh Ketua Munastek, Brigjen Hartono pergi menuju Istora Senayan untuk menghadiri acara pembukaan Musyawarah Nasional Teknik (Munastek).

Sebagai seorang Presiden yang memiliki latar belakan pendidikan insinyur arsitektur, acara Munastek tersebut tentu merupakan peristiwa penting bagi Bung Karno. Diberitakan Acara Munastek yang diselengarakan malam itu berjalan sukses dan berakhir sekitar pukul 23.00 WIB.

Selesai menghadiri Munastek, dengan dikawal oleh Wakil Komandan Pasukan Pengawal Presiden Tjakrabirawa Kolonel Maulwi Saelan, dan ajudan Bung Karno, Kolonel Bambang Widjanarko, Bung Karno pun kembali ke Istana Merdeka.

Selesai melakukan seluruh tugas pengawalannya malam pukul 24.00 WIB Kolonel Maulwi pun bergegas meninggalkan Instana Merdeka untuk pulang kerumahnya di Jalan Birah II No.81, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Selang sekitar satu jam Kolonel Maulwi pulang, Bung Karno dengan dikawal Kompol Mangil dan timnya yang berpakaian preman, ternyata keluar dari Istana menuju rumah Ratna Sari Dewi yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto (sekarang dikenal sebagai museum Satria Mandala).

Sesampainya dirumah Dewi, ternyata Dewi sedang tidak berada ditempat. Malam itu ternyata Dewi tengah menghadiri acara resepsi di Hotel Indonesia yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Irak di Jakarta. Bung Karno dan rombongan pun bergegas menyusul ke Hotel Indonesia dan menunggu di tempat parkir halaman hotel.

Baca Juga:  Tiang Penyangga Proyek Tol Becakayu Ambruk, Ini Kronologinya

Bung Karno memerintahkan Soeparto dan sopir pribadi Presiden untuk menjemput Dewi yang masih berada didalam, dengan dikawal anak buah Kompol Mangil, Ajun Inspektur II mereka pun segera menjemput Dewi. Setelah Dewi masuk ke mobil Bung Karno, rombongan tersebut pun bergerak meneruskan perjalanan menuju rumah Dewi di jalan Gatot Subroto.

Disaat mereka dalam perjalanan menuju rumah, kira-kira 10 km dari kawasan jalan Gatot Subroto telah terjadi aksi penculikan dan pembunuhan terhadap tujuh Jenderal yang kemudian dikenal sebagai Peristiwa G30S/PKI.

Diberitakan Presiden Soekarno baru mengetahui peristiwa penculikan ke tujuh Jenderal tersebut ketika dirinya sedang mengamankan diri di kawasan Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma pada tangga 1 Oktober 1965 siang.[int/Ginf]

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here