Gunung Agung Berstatus Awas, Warga Diminta Jauhi Zona Bahaya

0
261
Gunung Agung Berstatus Awas
Gunung Agung, Bali (Photo Sumber: sindonews.com)
GALERIINFO.COMGunung Agung Berstatus Awas.  Pasca dinaikannya level status Gunung Agung menjadi awas oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), warga yang berada di 20 desa yang radiusnya berjarak 9 kilometer dari lokasi Gunung Agung pun telah dievakuasi ke tempat-tempat pengungsian yang berada di zona aman.

Hal ini seperti disampaikan oleh Wakil Bupati Karangasem, Wayan Artha Dipa di Pos Pantau Gunung Agung, Banjar Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Jumat (22/9/2017). Wayan mengatakan dari 20 desa tersebut ada sekitar  64 ribu warga yang sudah berhasil dievakuasi, Wayan menambahkan jika pihaknya saat ini masih terus melakukan evakuasi terhadap warga yang berada di radius 12 kilometer dari Gunung Agung.

Wayan pun mengimbau bagi seluruh warga yang masih belum melaporkan diri ke posko-posko pengungsian agar segera melapor diri. Hal ini dikarenakan masih banyak warga yang mengungsi sendiri-sendiri.

Ditempat terpisah I Dewa Made Merthe Yasa dari KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Agung menjelaskan, pada periode pengamatan hari Minggu (24/9/2017), dari pukul 00.00 hingga 06.00 Wita terekam 1 kali gempa terasa skala III-IV MMI di pos Pengamatan.

Made pun menghimbau kepada seluruh masyarakat yang masih berada di Zona Perkiraan Bahaya sekitar Gunung Agung agar segera meninggalkan kawasan tersebut, Made juga meminta agar para pendaki, pengunjun, wisatawan tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya tersebut.

“Zona Perkiraan Bahaya bersifat dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual,” pungkas Made.[dtk/snd/GInf]

Baca Juga:  Inilah Penyebab Terjadinya Kericuhan di Kantor Kemendagri
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here