Fenomena Hujan Meteor Orionid Temani Indahnya Bermalam Minggu

0
268
Hujan Meteor Orionid
Hujan Meteor Orionid.(Photo sumber: tribunnews.com)
GALERIINFO.COMFenomena Hujan Meteor Orionid Temani Indahnya Bermalam Minggu. Akhir pekan Malam minggu ini hingga dini hari nanti akan terjadi fenomena alam yang sangat menakjubkan di langit Indonesia, fenomena alam tersebut adalah hujan meteor Orionid. Fenomena Hujan meteor ini sebenarnya bisa dilihat di sepanjang Oktober  ini, Namun puncak terjadinya hujan meteor ini adalah pada 20-21 Oktober 2017.

Berdasarkan info yang dilansir dari The Mirror, Jumat (20/10/2017), Hujan meteor Orionid adalah fenomena alam yang terjadi akibat adanya lintasan sisa debu ekor Komet Halley yang bersentuhan dengan atmosfer bumi, Komet ini merupakan komet yang mendekati Matahari setiap 76 tahun sekali dan baru akan tampak lagi pada tahun 2061.

Sementara itu dari beberapa informasi yang dihimpun di katakan Waktu terbaik untuk menyaksikan hujan meteor Orionid ini adalah selepas tengah malam hingga menjelang fajar. Bila langit cerah, hujan meteor ini bisa disaksikan tanpa teleskop.

Saat puncak hujan meteor Orionid berlangsung, kita bisa mengamati 20 hujan meteor setiap jam atau lebih jika terjadi peningkatan periodesitas pada tahun ini. Dari informasi yang diperoleh, hujan meteor Orionid merupakan salah satu hujan meteor yang dengan aktivitas yang cukup tinggi antara 40-70 meteor per jam selama 2-3 hari berturut-turut.

Prospek pengamatan Meteor Orionid pada bulan oktober  2017 juga dikatakan sangat bagus, karena tidak ada Bulan yang cahayanya dapat membuat langit terang sehingga meteor-meteor redup tak teramati, hal ini karena Bulan masih berada dalam fase kuartal pertama sehingga sudah terbenam sebelum tengah malam.

Beberapa meteor Orionid kadang akan tampak sangat cepat dan terang, karena mereka bisa mencapai kecepatan 238.000 km per jam saat memasuki atmosfer Bumi kita, atau hanya enam kilometer per jam lebih lambat dari pada meteor-meteor pada hujan meteor Leonid.

Baca Juga:  Inilah Tulisan Spanduk di Pagar Gedung DPR, Membuat Peserta Aksi 299 Ngambek

Semoga Fenomena langka ini bisa menemani indahnya malam minggu kita semua.[ad/GInf]

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here