Cerita Jenderal Ahmad Yani, Salah Satu 7 Pahlawan Revolusi Korban Keganasan G30S/PKI

0
1214
Jendral Ahmad Yani - Instagram
Jendral Ahmad Yani - Instagram

GALERIINFO.COM – Cerita Jenderal Ahmad Yani, Salah Satu 7 Pahlawan Revolusi Korban Keganasan G30S/PKI. 30 September menjadi tanggal kelam dari sejarah perjuangan masa lalu Indonesia di mana tepat 52 tahun silam sedikitnya 7 nyawa Jenderal terkenal di Indonesia harus wafat akibat kebengisan Partai Komunis Indonesia atau PKI yang dikenal dengan gerakan pengkhianatan G30S/PKI, salah satu Jenderal yang wafat dan gugur menjadi pahlawan revolusi adalah Jenderal Ahmad Yani.

Jenderal Ahmad Yani termasuk salah satu dari tujuh Pahlawan Revolusi yang meninggal dunia akibat diculik dan disiksa pada tanggal 30 September oleh PKI. Dimana dalam beberapa cerita peristiwa ini terjadi di Yogyakarta dan Jakarta. Peristiwa di Yogyakarta peluru pasukan cakrabirawa merenggut nyawa komandan Korem 072 dan kepala stafnya, mereka ialah Brigjen TNI Katamso dan Kolonel Sugiono.

Selanjutnya cerita G30S PKI yang sampai sekarang menjadi misteri dan penuh kontroversi adalah operasi pembantaian yang dikomandoi oleh Letkol Untung di mana mereka ingin menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno saat itu. Salah satu Jenderal yang meninggal dunia dan mendapatkan gelar pahlawan revolusi adalah Jenderal Ahmad Yani.

Mengenal Jenderal Ahmad Yani

Jenderal Ahmad Yani adalah putra kebanggaan Bangsa Indonesia yang lahir di Purworejo, 19 Juni 1922, dirinya sempat mengenyam pendidikan formal di HIS yaitu sekolah setingkat SD, selanjutnya Meneruskan ke Mulo atau Meer Uitgebreid Lager Onderwijs, sekolah setingkat SMP, lalu dilanjutkan ke AMS atau Algemene Middelbare School setingkat SMA.

Jenderal Ahmad Yani melanjutkan karir militer dimulai ketika dirinya mengikuti wajib militer yang dicanangkan pemerintah Hindia Belanda di Malang saat Jepang menduduki Indonesia dimana Ahmad Yani bergabung dengan pembela tanah air atau yang dikenal dengan PETA. Pada bidang militer Ahmad Yani mengantongi banyak sekali prestasi ia juga sempat menahan Agresi Militer Belanda yang pertama dan kedua, selanjutnya Ahmad Yani memimpin dalam melumpuhkan pemberontakan DI TII dan juga operasi Trikora di Papua Barat dan operasi Dwikora menghadapi konfrontasi dengan Malaysia.

Baca Juga:  Prihatin Dengan Kekarasan Yang di Alami Etnis Rohingya, Santri Di Probolinggo Gelar Salat Gaib

Akan tetapi sangat disayangkan bersama keenam Jenderal lainnya Jenderal Ahmad Yani yang saat itu menentang PKI langsung masuk ke daftar target penculikan dan pembantaian oleh PKI yang terjadinya pada tanggal 30 September atau yang lebih dikenal dengan gerakan penghianatan G30S PKI di mana setelah disiksa jenderal Ahmad Yani dimasukkan ke lubang buaya, saat ditemukan tubuh Jenderal Ahmad Yani penuh dengan luka tembak di sekujur tubuhnya.

Daftar Nama Pahlawan Revolusi

1. Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani,
2. Letjen Suprapto,
3. Letjen MT Haryono,
4. Letjen Siswondo Parman,
5. Mayjen D I Pandjaitan,
6. Mayjen Sutoyo Siswomiharjo,
7. Kapten Pierre Tendean,
8. Brigjen TNi Anumerta Katamso Darmokusumo,
9. Kolonel Infanteri Anumerta R Sugiyono Mangunwiyoto,
10. Ajun Inspektur Polisi Dua Anumerta Karel Satsuit Tubun,
11. Ade Irma Suryani Nasution,

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here