Sumpah Pemuda 28 Oktober, Cikal Bakal Berdirinya Negara Indonesia

0
667
Sumpah Pemuda
Sumpah Pemuda 28 Oktober - Naskah Asli Sumpah Pemuda.(Photo sumber: makassar.tribunnews.com
GALERIINFO.COMSumpah Pemuda 28 Oktober, Cikal Bakal Berdirinya Negara Indonesia. Event Kongres Pemuda Kedua yang digelar pada tanggal 28 Oktober 1928 di Batavia atau yang kini dikenal sebagai Jakarta merupakan momen penting yang paling berejarah bagi para pemuda Indonesia (Hindia Belanda) kala itu. Momen bersejarah ini merupakan  cikal bakal bersatunya seluruh komponen pemuda dari berbagai latar belakang suku dan agama di Nusantara untuk terikat dalam sebuah bangsa.

Peristiwa yang berhasil merumuskan Janji-janji Para Pemuda atau di kenal dengan Sumpah Pemuda ini menjadi satu tonggak penting dalam sejarah dan juga momentum pergerakan nasional bangsa Indonesia, karena dapat menyatukan visi, misi dan tekad seluruh pemuda Indonesia untuk mewujudkan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Kongres Pemuda Kedua ini merupakan kelanjutan dari kongres pemuda pertama yang digelar pad 30 April sampai 2 Mei 1926 di Batavia. Kongres yang dipimpin oleh seorang pemuda bernama Soegondo Djojopoespito dari PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia) ini melibatkan seluruh elemen dan organisasi pemuda di Hindia Belanda, yang diantaranya adalah perhimpunan Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dan masih banyak lagi.

Selain melahirkan keputusan yang memuat ikrar untuk mewujudkan cita-cita berdirinya negara Indonesia, yang dikenal sebagai Sumpah Pemuda, Konggres yang diadakan di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng) dan Gedung Gedung Oost-Java Bioscoop ini para pemuda juga mensepakati lagu ‘Indonesia Raya’ ciptaan Wage Rudolf Supratman ditetapkan sebagai lagu kebangsaan Indonesia.

Sebelum kongres pemuda tersebut ditutup atas saran Sugondo kepada Supratman sempat diperdengarkan lagu Indonesia Raya karya Wage Rudolf Supratman yang dimainkan dengan biola saja tanpa syair. Lagu yang dibawakan dengan penuh semangat tersebut disambut dengan sangat meriah oleh peserta kongres. Kongres akhirnya ditutup dengan mengumumkan rumusan hasil kongres. Oleh para pemuda yang hadir, rumusan itu diucapkan sebagai Sumpah Setia Para Pemuda.

Baca Juga:  Terkait Krisis Rohingya, Politisi Hanura Minta Indonesia Lebih Aktif Lagi

Berikut GInfo tampilkan teks atau naskah asli Sumpah Pemuda dan teks atau naskah asli lagu Indonesia Raya.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here