Resmi Dilantik Hari Ini, Ternyata Segini Gaji Anies-Sandi Perbulannya

0
387
Gaji Anies-Sandi
Gaji Anies-Sandi - Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini, Senin (16/10/2017) di Istana Negara.(Photo sumber: Kompas.com)

GALERIINFO.COMResmi Dilantik Hari Ini, Ternyata Segini Gaji Anies-Sandi Perbulannya. Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur  DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini, Senin (16/10/2017) di Istana Negara. Pelantikan yang digelar pada pukul 16.01 WIB tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh terkenal nasional yang diantaranya adalah Ketua  Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga didampingi Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Tampak dalam pelantikan hadir pula, Presiden PKS Sohibil Iman yang didampingi Ketua Dewan Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri. Tak mau ketinggalan, hadir juga dalam acara pelantikan tersebut Kader Partai Demokrat sekaligus mantan lawan Anies-Sandi, Agus Harimurti Yudhoyono bersama Silviana Murni, sedangkan dari kalangan parlemen tampak hadir Ketua DPR RI Setya Novanto beserta wakilnya, Fahri Hamzah, Agus Hermanto dan juga Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang.

Dalam acara pelantikan tersebut, pasangan Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies dan Sandi juga tak lupa mengikuti pembacaan sumpah jabatan yang dibacakan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Dalam sumpah jabatannya, Anies dan Sandi juga mungucapkan janji akan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur taat dan tunduk terhadap UUD Negara Republik Indonesia.

Setelah resmi menyandang status sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dikabarkan mulai besok, Selasa (17/10/2017) Anies dan Sandi sudah mulai melakukan tugasnya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Baru DKI Jayakarta. Sementara itu dari info yang dihimpun tim GInfo mereka juga sudah sah mendapat sejumlah fasilitas yang akan digunakan untuk menunjang kerja mereka berdua dan juga tentunya gaji setiap bulannya.

Bicara mengenai gaji seorang Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tentu kita sangat penasaran berapa jumlah gaji yang akan diterima oleh Anies dan Sandi setiap bulannya. Terkait masalah ini Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDHKLN) M. Mawardi membeberkan bahwa,  sesuai  dengan aturan Dirjen Anggaran Depkeu Anies akan mendapat gaji gubernur sebesar Rp 3 juta dan Sandi akan menerima gaji Wagub sebesar Rp 2,4 juta.

Baca Juga:  Daftar Hari Penting di Bulan Oktober 2017

Selain itu Mawardi menambahkan bahwa mereka berdua juga akan menerima Tunjangan gubernur Rp 5,4 juta dan Wagub Rp 4,3 juta dan ditambah dengan tunjangan operasional atau Biaya Penunjang Operasional (BPO). Tunjangan operasional tersebut nilainya berkisar antara Rp 4 miliar sampai 4,5 miliar setiap bulannya. Mawardi mengatakan Angka fantastis tersebut diperoleh berdasarkan PP Nomor 109 Tahun 2000 dengan perhitungan 0,13 persen dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) DKI yakni Rp 35 triliun.

Mawardi menuturkan Dalam Pasal 9 PP Nomor 109 Tahun 2000 disebutkan besarnya biaya penunjang operasional Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Propinsi ditetapkan berdasarkan klasifikasi Pendapatan Asli Daerah ayat F di atas Rp 500 miliar paling rendah Rp 1,25 miliar dan paling tinggi sebesar 0,15 persen. Dijelaskan juga pada PP tersebut bahwa biaya penunjang operasional dipergunakan untuk koordinasi, penanggulangan kerawanan sosial masyarakat, pengamanan dan kegiatan khusus lainnya guna mendukung pelaksanaan tugas kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Woow…Sungguh jumlah yang fantastis, semoga dengan gaji yang terbilang cukup besar ini kinerja Anies dan Sandi bisa maksimal dalam merubah wajah Kota Jakarta Kedepan.[rpo/lpt6/ad/GInf]

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here