Kebohongan “The Next Habibie” Dwi Hartanto Akhirnya Terbongkar

0
348
Dwi Hartanto
Dwi Hartanto dan Bacharuddin Jusuf (B.J) Habibie.(Phoro sumber: Dok Pribadi)
GALERIINFO.COMKebohongan “The Next Habibie” Dwi Hartanto Akhirnya Terbongkar. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Kerajaan Belanda akhirnya resmi mencabut penghargaan yang sebelumnya telah diberikan kepada Dwi Hartanto, Diaspora Indonesia yang mengaku sebagai salah satu ilmuan Indonesia yang akan segera bekerja di NASA.

Selama ini kabar mengenai Dwi Hartanto sangat santer terdengar terkait dengan berbagai prestasinya dalam membuat wahana peluncuran satelit. Melalui surat klarifikasinya yang telah resmi dirilis disitus Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Delft, Dwi mengatakan bahwa dirinya tidak seperti yang ada didalam pemberitaan yang beredar selama ini.

Sebelum pihak KBRI mencabut penghargaan yang diberikan kepada Dwi, diketahui telah beredar luas sebuah dokumen infestigasi mandiri yang menemukan beberapa bukti kebohongan prestasi Dwi Hartanto selama ini.

Dalam surat klarifikasinya tersebut Dwi mengaku bahwa dirinya bukanlah seorang kandidat Doktor dibidang Space Technology & Rocket Development, Dwi juga mengakui jika dirinya tidak pernah merancang wahana peluncur satelit seperti yang telah diberitakan.

Saya mengakui dengan jujur kesalahan/kekhilafan dan ketidak dewasaan saya yang berakibat pada terjadinya framing, distorsi atau manipulasi fakta yang sesungguhnya secara luas yang melebih-lebihkan kompetensi dan prestasi saya. Saya berharap bisa berkenan untuk dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya,” tulis Dwi dikutip dari laman resmi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Delft.

Seperti berita yang telah beredar, pada akhir tahun 2016 lalu, tepatnya tanggal 17-24 Desember 2016, lebih dari 40 orang peneliti diaspora yang sedang mengajar dan meneliti di berbagai negera hadir dalam acara Visiting World Class Professor. Acara yang mempertemukan para ilmuan Indonesia dari seluruh dunia tersebut diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional.

Baca Juga:  Ini Format Registrasi Ulang Kartu Prabayar Semua Operator

Salah satu peserta yang hadir dalam acara tersebut adalah Dwi Hartanto. Dwi sempat digadang-gadang sebagai “The Next Habibie”, seperti kita semua ketahui Presiden Ke-3 Indonesia Pak Habibie adalah seorang tokoh besar dalam bidang teknologi. Tapi sungguh sayang ternyata semua yang disampaikan Dwi dalam berbagai kesempatan hanyalah sebatas omong kosong belaka.

Akibat peristiwa ini PPI Delft melalui situs resminya sangat mengutuk keras segala bentuk pembohongan publik, khususnya terkait bidang akademik yang telah dilakukan oleh Dwi Hartanto. PPI Delft juga menuliskan jika pihaknya sangat menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah dan terus melakukan koordinasi dengan KBRI di Den Haag serta TU Delft.[Ad/GInf]

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here