Kawal Pilkada 2018 Bersih, KPK Akan Terjunkan Tim Ke Daerah

0
411
Kawal Pilkada 2018 Bersih
Kawal Pilkada 2018 Bersih - Wakil Ketua KPK RI, Basaria Panjaitan.(Foto sumber: batamtoday.com)
GALERIINFO.COM – Kawal Pilkada 2018 Bersih.  Pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di berbagai daerah akan segera diselenggarakan, dan untuk mengawal terselenggaranya Pilkada 2018 yang bersih dan jujur KPK akan segera menerjunkan tim Penyidik KPK.

Tim ini rencananya akan dikirim langsung ke daerah tempat berlangsungnya Pilkada serentak 2018. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2018).

“Kalau bicara apakah sekarang ada 1.000 penyidik KPK ke seluruh daerah yang melakukan pilkada, KPK itu sekarang jumlahnya (pegawai) hampir 1.500, tapi bukan penyidik semua. Tapi kalau dikatakan penyelidik, iya. Bila perlu, jangan 1.000, kita semuanya datang untuk mendampingi dan mengawal supaya tidak terjadi penyimpangan dalam pilkada ini,” tutur Basaria

Basaria mengatakan salah satu tim yang akan dikerahkan adalah tim koordinasi dan supervisi (korsup) pencegahan. Menurutnya Tim ini lebih cepat mengafirmasi laporan atau informasi dari masyarakat karena sudah berada di daerah, selain itu dikatakannya Kelebihan tim ini, sudah terintegrasi dengan korsup penindakan.

“Tentu kalau tim kita ada disana (di Daerah), mereka melihat sendiri kejadiannya karena mereka masuk ke dalam”, ujar Basaria.

Lebih lanjut, Basaria juga menegaskan bahwa korsup pencegahan bukan bertujuan melakukan penangkapan. Korsup ini hanya bertugas membenahi dan memperbaiki jika ada kecurangan baik di level pemerintah provinsi, kabupaten/kota atau kementerian.

Jika ada hal-hal yang menyimpang/kecuranagan, diberi peringatan terlebih dahulu dan dijelaskan bagaimana cara menghindarinya. Kemungkinan terjadinya OTT memang akan lebih besar, karena tim kita ada di seluruh provinsi.

Jelas, upaya KPK dalam menciptakan Pilkada serentak 2018 yang bersih ini patut diapresiasi oleh masyarakat. Sehingga Pilkada serentak 2018 bisa berjalan dengan lancar, jujur dan adil.

Baca Juga:  Integritas Ketua MK Dipertanyakan, Mahfud Nilai Jadi Teguran Moral
Sumber: Detik.com 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here