Integritas Ketua MK Dipertanyakan, Mahfud Nilai Jadi Teguran Moral

0
174
Integritas Ketua MK Dipertanyakan
Integritas Ketua MK Dipertanyakan - Mantan Ketua MK Mahfud MD.(Foto sumber: KOMPAS.com/ MOH NADLIR )
GALERIINFO.COM – Integritas Ketua MK Dipertanyakan.  Sejumlah masyarakat sipil terus marak menyuarakan penolakan terhadap Undang Undang MD3 atau tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD.

Namun belakangan ini, Koalisi Masyarakat Sipil justru ragu untuk menggugat UU MD3 ke Mahkamaha Konstitusi (MK). Pasalnya, mereka mempertanyakan integritas Ketua MK Arief Hidayat yang dinilai banyak tersangkut sejumlah pelanggaran etik.

Menanggapi terkait keraguan Masyarakat sipil untuk menggugat UU MD3, Mantan Ketua MK Mahfud MD pun bersuara bahwa kelompok masyarakat bisa saja tidak mengajukan gugatan uji materi UU MD3 karena sudah tidak percaya lagi kepada MK. Di satu sisi, sikap itu merupakan kritik keras yang harus dipertimbangkan MK agar ke depannya bisa berbenah.

“Kalau masyarakat tidak mau mengajukan gugatan, itu urusan mereka. Artinya kalau sudah tidak dipercaya lagi itu juga teguran moral terhadap MK”, ujar Mahfud di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Jumat (16/2/2018).

Mahfud juga mengingatkan bahwa MK tidak bisa terikat dengan teguran moral dari masyarakat tersebut. Mestinya teguran moral itu juga muncul dari tubuh MK sendiri. Secara yuridis memang tidak terikat teguran-teguran moral itu, tapi masalah nurani dan moral masing-masing.

“kalau moral hukumnya itu bersifat otonom, datang dari diri sendiri dan dari kesadaran diri sendiri. Malu, takut, merasa tebal muka, itu bagian dari bisikan nurani masing-masing orang”, ucap Mahfud.

Oleh karena itu, Mahfud berharap kepada MK agar dapat mendengar suara nurani masyarakat. MK sebagai tembok terakhir dari konstitusi di Negara Kesatuan Republik Indonesia harus menegakkan keadilan bagi rakyatnya.

Namun demikian Mahfud enggan mengomentari tuntutan masyarakat yang menginginkan Arief Hidayat mundur dari jabatan Ketua MK. Mahfud menyerahkan semuanya kepada Arief Hidayat sendiri.[GInf/kps]

Baca Juga:  Upacara Hari Kesaktian Pancasila Di Lubang Buaya, Jokowi Jadi Inspektur Upacara
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here