Inilah Sosok Monica, Anak Penjual Kopi Keliling Yang Diudang Ke Pertemuan Gloabal WHO

0
401
Monica, anak penjual kopi keliling
Monica, anak penjual kopi keliling yang diundang WHO.(Photo. Ist)
GALERIINFO.COMInilah Sosok Monica, Anak Penjual Kopi Keliling Yang Diudang Ke Pertemuan Gloabal WHO. Prestasi membanggakan berhasil diraih oleh seorang pelajar bernama Monica, remaja berusia 15 tahun anak penjual kopi keliling tersebut diundang oleh Badan Kesehatan Dunia WHO untuk hadir dalam pertemuan The WHO 8th Milestone of Global Campaign for Violence Prevention, di Ottawa, Kanada.

Monica dipilih untuk hadir dalam pertemuan tersebut setelah dirinya mengirimkan sebuah surat ke WHO. Surat yang isinya membahas tentang pentingnya mengakhiri kekerasan pada anak tersebut akhirnya dinyatakan lulus setelah melalui serangkaian seleksi dari ribuan surat yang dikirm oleh anak-anak diseluruh dunia.

Monica tak pernah membayangkan jika dirinya akan terpilih untuk hadir dalam pertemuan Internasional tersebut, pada awalnya Monica hanya sekedar mengirim surat tentang pengalaman kekerasan yang dialaminya dan upaya untuk mengakhiri kekerasan terhadap anak ke WHO, tak disangka tulisan Monica tersebut lulus seleksi hingga Monica pun diundang untuk menjadi nara sumber dalam pertemuan WHO tersebut.

Diberitakan pada tahun2016 silam, Yayasan Sayangi Tunas Cilik, partner dari NGO Save the Children Indonesia pernah menyelenggarakan acara konsultasi anak di tiga kota Besar yakni Bandung, Kupang dan Jogja untuk mengirimkan delegasi guna menghadiri acara pertemuan Internasional WHO di Kanada. Para peserta, diminta untuk mengirimkan tulisan tentang mengakhiri kekerasan terhadap anak.

Keberangkatan Monica ke pertemuan Internasional WHO di Kanada tersebut rupanya menemui kendala dan nyaris batal lantaran belum tanda tangan persetujuan dari orang tuanya, seperti diketahui salah satu persyaratan untuk pengiriman delegasi anak ke pertemuan Internasional harus disertai dengan persetujuan yang ditanda tangani oleh orang tua.

Monica, anak penjual kopi keliling
Monica, anak penjual kopi keliling – Purwati, Ibunda Monica yang berhasil ditemukan oleh Petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat.(Photo sumber: Detik.com)

Pihak Suku Dinas Sosial DKI Jakarta pun kelabakan karena Ibunda Monica yang memiliki KTP beralamatkan di Jln. Dahlia RT 08 RW 01 Kramat, Senen ternyata telah pindah karena tempat tinggalnya digusur. Petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat terus berkejaran dengan waktu untuk segera menemukan Purwati, Ibunda Monica.

Baca Juga:  Prosesi Midodareni Digelar, Ini Seserahan Bobby Untuk Kahiyang Ayu

Dengan mengerahkan seluruh petugas Suku Dinas Sosial akhirnya, Kamis (5/10/2017) kemarin Ibunda Monica yang berjualan kopi keliling berhasil ditemukan di persimpangan senen Jakarta Pusat. Setelah berhasil ditemukan, Purwati langsung dibawa petugas ke kantor VFS Global di Kuningan City, Jakarta untuk menanda tangani surat persetujuan pengiriman Monica ke Kanada.

Pertemuan Global WHO yang sedianya akan digelar pada tanggal 19-20 Oktober 2017 tersebut, akan dihadiri oleh perwakilan anak-anak, perwakilan pemerintah dan Lembaga Swadaya Masayarakat (LSM) dari seluruh dunia.[dtk/ad/GInf]

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here