Inilah Penyebab Terjadinya Kericuhan di Kantor Kemendagri

0
276
Kericuhan di Kantor Kemendagri
Inilah Penyebab Terjadinya Kericuhan di kantor Kemendagri.(Photo sumber: Detik.com)

GALERIINFO.COMInilah Penyebab Terjadinya Kericuhan Dikantor Kemendagri. Penyerangan kantor Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dilakukan oleh sekelompok massa pada, Rabu (11/10/2017) mengakibatkan beberapa fasilitas kantor seperti pot bunga dan kaca-kaca mengalami kerusakan. Massa yang berjumlah sekitar 15 orang tersebut berhasil merangsek masuk ke dalam wilayah kantor Kemendagri setelah memanfaatkan kelengahan para petugas jaga.

Akibat dari Kericuhan di Kantor Kemendagri yang terjadi sekitar pukul 15.30 WIB tersebut dikabarkan sepuluh orang dari pihak Kemendagri mengalami luka akibat terkena lemparan batu dan kayu, dan kesepuluh korban luka tersebut telah dilarikan ke RSPAD Gatot Soebroto.

Sementara itu saat dikonfirmasi terkait kejadian ini Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan aksi penyerangan massa tersebut terkait dengan sengketa Pilkada yang terjadi di Kabupaten Tolikara yang menurutnya sengketa tersebut semestinya bisa diselesaikan secar baik-baik.

Menurut Tjahjo Karena letaknya yang berada satu ring dengan Istana Merdeka, maka atas kejadian tersebut dia memastikan bahwa akan ada peningkatan penjagaan di wilayah kantor Kementrian Dalam Negeri. Tjahjo menghimbau kepada seluruh petugas untuk memperketat penjagaan, Tjahjo juga meminta kepada para petugas agar tidak terpancing untuk melakukan tindakan kekerasan.

Sementara itu dikutip dari laman Detik.com ketika ditanya menyangkut peristiwa ini Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono membenarkan jika aksi penyerangan di kantor Kemendagri tersebut ada kaitannya dengan sengketa Pilkada yang terjadi Kabupaten Tolikara, Argo membeberkan jika kelompok massa dari Barisan Merah Putih Tolikara sudah berada di Kemendagri sejak sekitar dua bulan lalu.

Dia itu bukan demo ya, tetapi dia itu memang ada di Kemendagri berkaitan dengan kasus di MK. Dia menjaga jangan sampai ada orang Papua yang datang ke Kemendagri, dia di situ. Dia sudah dua bulan di situ, menjaga jangan sampai ada orang Papua yang artinya datang ke Kemendagri, jadi hanya mantau saja,” tutur Argo kepada awak media di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Baca Juga:  Malam Penculikan 7 Jenderal, Bung Karno Sedang Berada Ditempat Ini

Argo melanjutkan, Kericuhan di Kantor Kemendagri tersebut terjadi karena adanya miskomunikasi. Maksud dari kedatangan massa tadinya hanya ingin menemui Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo untuk membicarakan terkait sengketa pilkada yang terjadi di Tolikara. “Ya, intinya yang bersangkutan ingin menemui Kemendagri, sudah sesuai tadi yang disampaikan oleh Pak Mendagri sudah pernah ketemu, to. Kemudian Pak Mendagri mendelegasikan mereka kepada Dirjen Otda,” tutur Argo.

Ketika ditanya terkait massa yang melakukan penyerangan apakah mereka para pendukung dari salah satu paslon Bupati dan wakil Bupati yang mengikuti Pilkada di Tolikara, Argo mengatakan sedang dilakukan penyidikan lebih lanjut.[dtk/ad/GInf]

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here