Cerita Jokowi Menikahkan Anaknya, Pernikahan Kahiyang Ayu ‘Lebih Repot’

0
488
Pernikahan Kahiyang Ayu
Pernikahan Kahiyang Ayu.(Photo sumber: Tribunwow.com)
GALERIINFO.COMPernikahan Kahiyang Ayu. Presiden Joko Widodo akan segera menggelar pernikahan puterinya Kahiyang Ayu. Seperti telah diketahui Puteri semata wayang dari Presiden Jokowi ini akan dipersunting anak dari mantan Direktur Utama PTPN IV, almarhum Erwin Nasution yakni Muhammad Bobby Afif Nasution.

Jelang pernikahan Kahiyang Ayu, Presiden Joko Widodo sempat mencurahkan isi hatinya kepada awak media. Jokowi menuturkan dalam acara pernikahan anak keduanya nanti tidak ada yang terlalu membuat dirinya kesulitan.

Ya semua biasa saja, memang sudah waktunya berumah tangga,” ungkap Jokowi saat ditemui awak media di kediamannya di daerah Sumber, Banjarsari, Solo, Senin (6/11/2017) kemarin.

Menurut Jokowi, untuk menikahkan puterinya, Kahiyang Ayu, Dirinya akan melakukannya sendiri tanpa diwakili oleh wali nikah. Seperti diketahui sebelumnya Jokowi juga pernah menggelar hajatan serupa saat pernikahan anak sulungnya digelar.

Namun Demikian Jokowi menuturkan tetap dirasanya ada perbedaan antara pernikahan anak sulungnya Gibran dengan pernikahan Kahiyang Ayu yang akan digelar besok. Jokowi mengungkapkan bahwa menikahkan anak perempuannya lebih merepotkan ketimbang menikahkan anak sulungnya, Gibran Rakabuming yang digelar tahun 2015 silam.

Jokowi memberberkan, yang membuat repot dalam menikahkan puterinya, karena dalam budaya Jawa menikahkan anak perempuan yang disebut mantu lebih banyak hal yang harus lakukan. Sedangkan menikahkan anak laki-laki yang disebut dengan ngunduh mantu tidak memerlukan persiapan yang terlalu banyak.

Seperti telah diberitakan, Kahiyang Ayu dan Bobby akan melangsungkan akad nikah dan resepsi pernikahan mereka pada esok hari, Rabu (8/11/2017). Dan sebelum hari H tersebut kedua calon pengantin juga akan menjalankan serangkaian prosesi ritual adat Jawa.

Prosesi ritual tersebut diawali dengan diadakannya pengajian di rumah Jokowi di kawasan Banjarsari Surakarta, Senin (6/11/2017) sore, dan dilanjutkan dengan pemasangan bleketepe (anyaman daun kelapa) diikuti dengan prosesi siraman, pada hari ini Selasa (7/11/2017) pagi.[tbn/ad/GInf]

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here