Resmi, Ijin Edar Albothyl Dibekukan BPOM

0
242
Ijin Edar Albothyl Dibekukan
Ijin Edar Albothyl Dibekukan.(Foto sumber: Detik.com)
GALERIINFO.COM – Ijin Edar Albothyl Dibekukan.  Pernahkah anda menggunakan obat Albothyl ? Ya, Cairan obat luar konsentrat yang biasa diguanakan untuk mengobati sariawan. Dalam keterangan resmi yang tertulis dalam rilis Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), menyebutkan bahwa pihaknya resmi membekukan ijin edar Albothyl.

“BPOM RI membekukan ijin edar Albothyl yang berbentuk cairan obat luar konsentrat hingga perbaikan indikasi yang diajukan disetujui. Produk sejenis pun akan diberlakukan hal yang sama”, tulis BPOM pada salah satu poin yang diunggah dalam website resminya.

Hal ini dilakukan setelah adanya 38 laporan dalam 2 tahun terakhir, BPOM menerima laporan dari kalangan profesional kesehatan yang menerima pasien dengan keluhan efek samping obat Albothyl yang digunakan sebagai obat sariawan.

Efek samping serius yang dilaporkan diantaranya sariawan yang membesar dan berlubang, sehingga penderitanya mengalami infeksi cukup parah. Mau tidak mau BPOM pun harus berani mengambil langkah tegas kepada para produsen cairan obat luar konsentrat, tidak hanya Albothyl tapi merk dagang lainnya. BPOM memerintahkan produsen untuk menarik produknya paling lambat satu bulan sejak dikeluarkannya Surat Pembekuan Ijin Edar tersebut.

BPOM juga menghimbau masyarakat untuk beralih menggunakan obat lain yang lebih aman. Masyarakat dapat menggunakan obat lain yang mengandung benzydamine HCl, povidone iodine 1% atau kombinasi dequalinium chloride dan vitamin C.

Selain itu, BPOM juga meminta kalangan profesional kesehatan yang menerima keluhan dari masyarakat terkait efek samping dari Albothyl atau obat lainnya dapat segera melapor kepada BPOM RI melalui website www.e-meso.pom.go.id.

Sebaiknya anda juga bisa mengkonsumsi makanan tinggi serat dan vitamin C untuk mencegah sariawan. Kandungan serat dan vitamin C lebih menyehatkan dan aman bagi tubuh dalam mencegah sariawan.[GInf/DTK]

Baca Juga:  Baca Ini !! Kamu Pasti Akan Menyesal Telah Membuang Nasi Sisa Kemarin
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here