IPB Berhasil Produksi Permen Minyak Kayu Putih, Yang Masuk Angin Wajib Coba !!

0
333
IPB Berhasil Produksi Permen Minyak Kayu Putih
Permen rasa kayu putih. (Photo sumber: Dok. IPB/Kumparan.com)
GALERIINFO.COMIPB Berhasil Produksi Permen Minyak Kayu Putih.  Sebagai salah satu herbal asli dari Indonesia Cajuput atau minyak kayu putih sudah dikenal secara turun temurun sangat berkhasiat untuk mengobati flu, batuk, perut kembung,  menurunkan demam dan juga sebagai aroma terapi. Keampuhan khasiat dari minyak kayu putih ini dikarenakan dalam pohon Kayu putih tersebut banyak terkandungan antibakteri, dekongelstan, ekspektoran anelgesik dan masih banyak lagi.

Sebagai tumbuhan industri, kayu putih juga dapat diusahakan dalam bentuk hutan usaha (agroforestri). Selain itu minyak kayu putih juga dapat diusahakan dalam bentuk herbal, Ekstrak minyak kayu putih yang diambil dari penyulingan biasa digunakan sebagai minyak balur atau bisa juga dicampuran dengan minyak pengobatan lain (seperti minyak telon) atau campuran parfum serta produk rumah tangga lain.

Seiring dengan perkembangan jaman ternyata minyak kayu putih tidak hanya diolah ke dalam bentuk minyak balur dan juga balsem oles. Hal ini ditunjukan dari inovasi yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berhasil menciptakan Cajuput candy (Permen Minyak Kayu Putih). Penemuan yang di motori oleh Guru besar Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. C. Hanny Wijaya ini digadang-gadang sebagai salah satu penemuan besar IPB.

Permen yang menurut penelitian dapat mengobati beberapa infeksi ini dibuat dari campuran minyak atsiri kayu putih yang dipasok dari Pulau Buru, pappermint, air, sirup glukosa, dan sukrosa. Selain itu permen ini juga dikabarkan memiliki aktivitas yang dapat menghambat aktivitas mikroba.

Menurut informasi yang dilasir dari laman kumparan.com  untuk saat ini permen kayu putih ini masih diproduksi dalam jumlah terbatas, buat kamu yang ingin mencoba khasiat dari permen ini kamu hanya bisa menjumpainya di gerai-gerai yang dikelola oleh IPB.[kpr/GInf]

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here