Baca Ini !! Kamu Pasti Akan Menyesal Telah Membuang Nasi Sisa Kemarin

0
400
Membuang Nasi Sisa Kemarin
Ilustrasi makan nasi (Photo Sumber: search.chow.com)
GALERIINFO.COMMembuang Nasi Sisa Kemarin.  Sebagai Negara agraria beriklim tropis tentu sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memilih nasi sebagai bahan komsumsi sehari-hari. Sebagai makanan pokok tentu kita tidaklah sulit untuk mendapatkan nasi, karena hampir semua rumah-rumah bahkan rumah makan pun pasti memasak atau menyediakan nasi sebagai menu utamanya.

Bicara mengenai nasi GInfo yakin sebagian besar dari kita biasanya memasak nasi dalam jumlah yang lebih, hal ini biasanya dilakukan untuk menghemat biaya dan menghemat waktu, sehingga sepulang dari tempat kerja kita hanya perlu memanaskannya beberapa menit maka nasi tersebut sudah bisa dinikmati panas-panas layaknya memasak nasi baru.

Sayangnya terkadang sebagian diantara kita salah perhitungan, sehingga nasi yang dimasak sering meninggalkan sisa yang cukup banyak, akibatnya kita terpaksa membuang nasi sisa tersebut, dan ini biasanya berlangsung terus-menerus tanpa kita sadari.

Tentunya hal ini sangat disayangkan mengingat disisi lain masih banyak saudara-saudara kita yang masih bersusah payah, bahkan kesulitan untuk bisa mendapatkan sepiring nasi di karena faktor ekonomi. Terlepas dari pada semuanya itu ternyata nasi sisa kemarin mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kesehatan kita.

Dilansir dari laman kompas.com nasi sisa kemarin bisa diperkirakan mempunyai kandungan kalori 60% lebih rendah dibanding nasi yang baru dimasak. Dan ini tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia khususnya bagi mereka yang mempunyai riwayat keturunan diabetes.

Agar memperoleh kualitas nasi sisa kemarin yang baik kita perlu memperhatikan cara memasaknya, salah satu cara memasak nasi yang dianjurkan adalah menambahkan sedikit minyak kelapa setelah air mendidih sebelum beras dimasukkan dalam panci. Setelah matang dan dingin, masukkan nasi ke dalam kulkas selama 12 jam.

Baca Juga:  Resmi, Ijin Edar Albothyl Dibekukan BPOM

Menurut hasil penelitian nasi yang maru matang jika langsung dimakan pati akan diubah menjadi gula atau glukosa oleh tubuh. Glukosa yang tidak langsung dibakar oleh tubuh akan disimpan sebagai lemak. Sementara itu, jika nasi didiamkan semalaman, pati akan diubah menjadi pati resistan yang tidak akan bisa dicerna oleh tubuh. Ini berarti kalori tubuh kita tidak akan bertambah.

Sedangkan Penambahan minyak kelapa dalam proses memasak nasi dimaksudkan untuk membuat nasi sisa kemarin tidak terlalu lengket dan memproduksi lebih banyak pati resistan dalam nasi.

Selain memiliki manfaat yang besar untuk para penderita diabetes, memanaskan kembali nasi sisa kemarin ternyata tidak terlalu diajurkan oleh ahli mikrobiologi, Martin Goldberg . Martin mengatakan, Bakteri Bacillus cereus yang terdapat dalam nasi bisa bertahan selama proses pemasakan.  Dan ketika nasi sudah dingin, spora ini akan memperbanyak diri dan memproduksi neurotoksin yang bisa membuat tubuh sakit.

So buat kamu yang ingin mencoba manfaat nasi sisa kemarin, tidak ada salahnya mencoba mempraktekannya dirumah, tapi ingat jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan sisa kemarin ya, supaya kesehatan tubuh kamu tetap terjaga.[kmp/GInf]

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here