Ipda Ria, Dokter Misi Perdamaian PBB Pertama dari kalangan polwan

0
140
Dokter Misi Perdamaian PBB
Dokter Misi Perdamaian PBB, Ipda Ria
GALERIINFO.COM – Dokter Misi Perdamaian PBB.  Tahun ini Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mempersiapkan sebanyak 23 polisi wanita (polwan) untuk terlibat dalam pasukan penjaga perdamaian  (peacekeeper) Formed Police Unit (FPU), Salah diantaranya adalah Ipda Ria.

Dalam misi perdamaian kali ini Ipda Ria didaulat menjadi dokter polisi wanita (polwan) pertama yang akan diterjunkan polri untuk mengisi formasi FPU (Formed Police Unit).

“Motivasi gabung di FPU (Formed Police Unit) karena ingin menjadi pionir. Sebelumnya belum pernah ada dokter perempuan dalam formasi FPU dan ini misi pertama di daerah baru. Senior saya di Biddokes yang mengikuti misi Sudan FPU Unamid semuanya laki-laki,” tutur ria di kutip dari laman detikcom, Senin (23/4/2018).

Menurut Ipda Ria, keinginannya untuk bisa terlibat dalam misi perdamaian PBB sudah ada dalam benaknya sejak tahun 2017 lalu. Namun ketika itu Kepolisian Republik Indonesia (Polri) belum melibatkan polwa untuk mengisi formasi pasukan penjaga perdamaian (peacekeeper).

Perempuan (31) yang kesehariannya merupakan anggota Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Sulawesi Barat ini juga mengatakan, informasi mengenai perekrutan polwan untuk misi perdamainan PBB FPU ke Sudan Selatan didapatnya melalui Pakor Polwan Polda Sulbar.

Mendapatkan informasi adanya perekrutan polwan dalam misi FPU ke Sudan Selatan, Ipda Ria pun segera mendaftarkan diri untuk mengisi formasi Pasi Kes FPU 1 UNMISS.

Saat ditanyakan terkait kesiapannya terjun ke wilayah konflik, Ria mengaku sudah banyak mencari tahu tentang keadaan dan juga kebudayaan yang ada di daerah konflik. Selain itu Ria juga telah mendapatkan pelatihan FPU di Cikeas, Jawa Barat, sejak 18 Maret lalu.

Ria pun menuturkan dirinya pun sudah siap untuk menghadapi kemungkinan terburuk sekali pun. “setiap situasi dapat berubah menjadi situasi darurat. Kita harus cepat dan tepat dalam membuat keputusan,” ujar Ria.

Baca Juga:  Tak Hadiri Peringatan Aksi 411, Begini Sindiran Pedas Eggi Terhadap Anies Baswedan

Ria berharap kehadiran sebagai dokter polwan pertama FPU Polri dapat menginspirasi dokter-dokter polwan lainnya.

“Melalui ini, saya berharap bisa menjadi pembuka jalan bagi polwan-polwan lain, terutama dokter polwan untuk mengasah kemampuan dalam misi-misi FPU selanjutnya,” ujar Ria mengakhiri wawancara dengan awak media.[GInf/DTK]

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here