Munculnya Video Asusila Pelajar, Peneliti: Siswa Sembrono Gunakan Gadget

0
263
Siswa Sembrono Gunakan Gadget
Siswa Sembrono Gunakan Gadget.(Foto sumber: detik.com)
GALERIINFO.COM – Siswa Sembrono Gunakan Gadget.  Masyarakat Indonesia kembali dihebohkan oleh ulah belasan pelajar salah satu SMP di Gunungkidul yang membuat video asusila saat berada di kelas. Video tersebut kemudian viral di media sosial. Kejadian ini jelas mencoreng wajah pendidikan Indonesia.

Padahal, pemerintah sedang berupaya memperkuat pendidikan karakter. Sayangnya, pelajar malah sembrono memakai gawai sehingga perlu pendidikan literasi media agar mereka memakai gawai (Gadget) dengan benar dan cerdas.

“pendidikan di Indonesia paling dirugikan, hari-hari ini pendidikan Indonesia terus tercoreng dengan banyaknya anomali dimana-mana dan menjangkau semua kalangan”, ujar Ketua Pusat Pendidikan Karakter UNY, Marzuki, Selasa (20/2/2018).

“Jelas ini sangat bertentangan dengan hasil yang diharapkan Presiden Jokowi melalui pendidikan karakter sesuai Perpres 87 Tahun 2017”, tambahnya.

Di era milenial seperti saat ini, anak-anak di bawah umur cenderung sembrono memakai gawai. Mereka tidak berpikir panjang ketika mengupload sebuah foto atau video. Bahkan dengan beraninya mereka mengupload hal-hal yang tidak senonoh dan bertentangan dengan nilai norma dan moral yang berlaku di masyarakat.

Marzuki juga berpendapat perlua adanya peningkatan kecerdasan literasi media agar pelajar SMP tidak lagi berbuat yang sembrono. Pihak sekolah juga perlu memperhatikan siswanya dalam upaya mencegah hal tersebut terulang di kemudian hari.

Semua sekolah harus benar-benar memperkuat pendidikan karakter sesuai arah Kurikulum 2013 yang terus diperbaiki dalam hal pelaksanaannya.

“Sanksi juga harus diberikan dengan benar agar anak-anak tidak mengulangi hal itu. Dinas Pendidikan juga perlu memberikan teguran kepada sekolah agar memperhatikan siswanya,” tutup Marzuki.[Ginf/dtk]

Baca Juga:  Aksi Pencurian Motor Di Masjid Al-Anshor Terekam CCTV, Wajah Pelaku Terlihat Jelas
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here