Resmi Ditetapkan, Ini Berasan Kenaikan UMP DKI Jakarta Tahun 2018

0
213
UMP DKI Jakarta Tahun 2018
UMP DKI Jakarta Tahun 2018.(Photo sumber: Detik.com)
GALERIINFO.COMUMP DKI Jakarta Tahun 2018. Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta akhirnya resmi memiliki standar upah minimum provinsi (UMP) untuk tahun 2018 yakni sebesar Rp 3.648.035 atau naik sebesar 8,71 persen dibanding UMP tahun 2017. Penetapan ini disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Anie menjelaskasn bahwa penentuan besaran nilai UMP DKI Jakarta didapat berdasarkan perhitungan inflasi nasional sebesar 3,72%, pertumbuhan ekonomi sebesar 4,99%, dan besaran kenaikan UMP yang telah ditetapkan Menteri Ketenagakerjaan yaitu sebesar 8,71%. Anies menuturkan, jika penentuan UMP ini juga telah menimbang aspirasi dari pihak pengusaha maupun para pekerja.

Anies menambahkan penetapan Ini juga mengacu kepada 15 undang-undang, peraturan pemerintah, peraturan menteri. Penetapan ini juga dianggap akan menjadi Solusi bagi dunia usaha yang melemah, dan serikat pekerja soal biaya hidup yang terus meroket, serta ongkos transportasi dan kebutuhan belanja para pekerja.

Anies juga mengaku bahwa Wagub Sandiaga Uno yang berlatar belakang pengusaha juga sangat banyak membantu memperlancar proses penetapan nilai UMP DKI Jakarta untuk tahun 2018. Menurut Anies penetapan besaran nilai UMP ini akan sangat memudahkan semua pihak. Dan tentunya para buruh pun akan senang dan para pengusaha tidak juga merasa berat menanggung beban ditengah lesunya perekonomian Jakarta.[dtk/ad/GInf]

Baca Juga:  Tak Hadiri Peringatan Aksi 411, Begini Sindiran Pedas Eggi Terhadap Anies Baswedan
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here